International Guarantee

Jasa (service) yang diberikan oleh PT. Bank Mayora yang bersifat pinjaman tidak langsung (indirect loan) kepada pihak nasabah untuk menerbitan jaminan bank (bank guarantee) kepada pihak penerima jaminan (beneficiary) apabila pihak pemohon (applicant) atau nasabah melakukan suatu cidera janji (wan prestasi) sesuai dengan syarat dan ketentuan (terms & conditions) yang tercantum didalam jaminan bank (bank guarantee) dimaksud.  

Disebut dengan jaminan internasional (international guarantee) dikarenakan pihak yang terlibat dalam transaksi dimaksud berdomisili diluar wilayah hukum Indonesia dan ketentuan yang digunakan  umumnya mengacu kepada ketentuan perbankan secara internasional, seperti : ISP – 98, URDG - 758 atau UCP – 600.

Jaminan internasional (international guarantee) jika dilihat dari sifatnya, dapat dibedakan menjadi :

• Independent Guarantee, yaitu jaminan perbankan yang berdiri sendiri dan terlepas dari kontrak dasarnya.

• Dependent Guarantee, yaitu jaminan perbankan yang tidak berdiri sendiri atau bergantung kepada kontrak lain yang dijamin pelaksanaannya.

Sedangkan jika dilihat dari jenis transaksinya dapat berupa :

• Penerbitan Jaminan Internasional (Issuance International Guarantee).

• Penerimaan Jaminan Internasional (Receiving International Guarantee)

• Penerbitan Kembali Jaminan Internasional (Re-Issue International Guarantee).

Kegunaan:

Mendukung proyek atau kegiatan usaha yang dilakukan oleh pihak nasabah dengan menyediakan jasa penjaminan bank yang bervariasi atau sesuai kebutuhan serta meningkatkan kredibilitas nasabah dimata pemilik proyek atau mitra bisnisnya dengan adanya dukungan dari bank yang memberikan jaminan (guarantee) apabila pihak nasabah melakukan cidera janji (wan prestasi) dalam memenuhi kewajibannya.