Penerbitan LC/SKBDN

PEMBUKAAN  Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN)

SKBDN biasa disebut juga dengan L/C Lokal karena ruang lingkup penggunaannya hanya untuk  di wilayah Republik Indonesia.

Fasilitas kredit tidak langsung (indirect loan) yang diberikan oleh PT. Bank Mayora kepada pihak nasabah sebagai pemohon untuk menerbitkan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN)  untuk melakukan transaksi perdagangan barang / jasa di wilayah Republik Indonesia dengan SKBDN sebagai alat pembayarannya.

Jenisnya :

1. Atas Unjuk adalah SKBDN dimana pihak penerima (beneficiary) SKBDN akan menerima pembayaran dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja setelah pihak bank penerbit SKBDN menerima semua dokumen yang sesuai dengan syarat dan kondisi yang diminta dalam SKBDN dimaksud.
               
2. Berjangka adalah SKBDN dimana pihak penerima (beneficiary) SKBDN akan menerima pembayaran dalam jangka tertentu pada saat jatuh tempo (maturity), sesuai dengan kesepakatan antara pihak penerima (beneficiary) dan pihak pemohon (applicant) dari SKBDN dimaksud.
       
3. UPAS SKBDN adalah SKBDN dimana pihak penerima (beneficiary) akan menerima pembayaran secara sight (atas unjuk) dan pihak pemohon (applicant) akan membayar kepada bank pembuka (issuing bank) dengan cara usance (berjangka) pada saat jatuh tempo (maturity).

Kegunaan:

Mendukung kegiatan usaha pihak nasabah dalam hal pemberian jaminan pembayaran atas pengiriman barang yang dilakukan oleh pihak penerima (beneficiary) yang dilakukan atas dasar transaksi SKBDN, sepanjang syarat dan kondisi yang diminta dalam SKBDN dimaksud terpenuhi.