Post Import Financing (PIF)

Post Import Financing (PIF) atau Trust Receipt (T/R) biasa disebut juga dengan istilah pembiayaan impor barang yang dilakukan atas dasar transaksi Letter of Credit (L/C) / SKBDN.

Post Import Financing (PIF) atau Trust Receipt (T/R) adalah fasilitas kredit yang bersifat langsung (direct loan) yang diberikan oleh PT. Bank Mayora kepada pihak nasabah importir (pembeli) untuk melunasi tagihan impor (pembelian) barang yang dilakukan atas dasar penerbitan Letter of Credit (L/C) / SKBDN atau ditentukan lain dalam perjanjian kredit.

Atau dengan kata lain disebut juga dengan fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh PT. Bank Mayora kepada nasabah importir untuk membiayai (financing) tagihan dokumen Letter of Credit (L/C) / SKBDN atas dasar kesepakatan tertulis (written agreement) yang dilakukan antara bank dengan pihak nasabah sebagai peminjam (borrower).
Sehingga memungkinkan pihak nasabah sebagai peminjam (borrower) untuk menggunakan barang yang dibeli tersebut dipergunakan untuk proses produksi atau langsung dijual dan membayar kembali kepada bank sebelum atau pada saat jatuh tempo pembayaran (maturity date) yang telah ditentukan.

Kegunaan:

1. Mendukung kegiatan usaha pihak nasabah (importir) dalam hal pembiayaan modal kerja khususnya untuk pembelian persediaan (stock) bahan baku, barang setengah jadi, barang jadi yang dibeli dari luar negeri (impor) atau di dalam negeri (local) dengan menggunakan metode pembayaran  Letter of Credit (L/C) / SKBDN Atas Unjuk (sight).

2. Memberikan keleluasaan (flesibilitas) kepada pihak nasabah (importir) untuk menggunakan barang yang dibelinya untuk dilakukan proses produksi atau dijual terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran kepada bank dikemudian hari atau pada saat yang telah ditentukan.

3. Meningkatkan kredibilitas pihak nasabah (importir) dengan memberikan pembayaran secara Atas Unjuk (sight) kepada pihak penjual (supplier) dengan mendapatkan jaminan pembiayaan dari bank untuk memenuhi kebutuhan modal kerjanya.